Oleh: har212 | Januari 16, 2011

KONFLIK DALAM ORGANISASI

Dalam kehidupan sehari-hari sering kita menghadapi konflik dengan orang lain, lingkungan, bahkan dengan diri kita sendiri.

Dalam sebuah organisasipun demikian, pernah atau bahkan seering menghadapi suatu konflik. Bisa konflik dengan organisasi lain, bahkan konflik yang terjadi di dalam organisasi itu sendiri.

Konflik suatu organisasi dengan organisasi lain biasa terjadi karena beberapa hal, misalnya saingan usaha,  gengsi, dan masih banyak hal lainnya.

Konflik intern dalam suatu organisasi, yang sering terjadi adalah konflik yang disebabkan oleh perbedaan pendapat antar aggota organisasi tersebut atau antar divisi dalam organisasi tersebut.

Contoh kasus konflik intern dalam suatu organisasi adalah perbedaan pendapat dalam merumuskan suatu keputusan. Hal ini bisa saja terjadi karena adanya perbedaan  sudut pandang atau kepentingan dari masing-masing divisi, sehingga menimbulkan perbedaan bahkan isa saja terjadi perdebatan.

Hal lain juga bisa terjadi, misalnya terjadi masalah yang terjadi di luar organisasi, yang efeknya menjadi tanggung jawab organisasi tersebut. Sering kali dalam kasus ini terjadi saling menyalahkan dan saling melempar tanggung jawab antar divisi dalam organisasi tersebut. Hal ini tentu saja bukan yang seharusnya terjadi, seharusnya yang terjadi adalah sebaliknya, yaitu introspeksi diri pada semua elemen organisasi tersebut, dan kerjasama untuk memecahkannya.

Di atas merupakan beberapa contoh kasus konflik yang terjadi di dalam sebuah organisasi. Masih banyak konflik-konflik yang lain, seperti saling berebut perhatian dari atasan, berusaha menguasai yang lain, dan lain-lain.

Dengan adanya konflik yang kita jumpai dalam berorganisasi, seharusnya menjadikan kita lebih dewasa, lebih bijak dalam bersikap, dan tentu saja menambah pengalaman kita.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: