Oleh: har212 | November 4, 2012

Pemanfaatan Telematika dalam Kehidupan

Pengertian Telematika

Kata “TELEMATIKA” yang merupakan adopsi dari bahasa Prancis yang sebenarnya adalah “TELEMATIQUE” yang juga dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.

Para praktisi mengatakan bahwa TELEMATICS merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Dalam wikipedia disebutkan bahwa Telematics juga sering disebut dengan ICT (Information and Communications Technology).

TELEMATIKA menurut pak Moedjiono yang merupakan konvergensi dari :
Tele = ”Telekomunikasi”
ma = “Multimedia”
Tika = ”Informatika”

sumber : http://njiee.blogspot.com/

Dari makna di atas, dapat disimpulkan bahwa Telematika adalah segala sesuatu kegiatan yang melibatkan proses pengiriman data multimedia yang mempunyai informasi penting antara satu sumber informasi dan pengontrol atau pengambil informasi melalui media internet.

Pemanfaatan Telematika

Teknologi Telematika banyak digunakan dalam bidang keamanan, sosial, bisnis, dll. Misalnya untuk remote security, live streaming video, traffic monitoring, alat deteksi tsunami, alat pelacak lokasi / GPS, dll. Dengan mememanfaatkan teknologi tersebut, tentu saja akan memudahkan manusia untuk memperoleh informasi yang diinginkan.

PT. Jasa Marga salah satunya, yang menggunakan teknologi telematika sebagai traffic monitoring, dengan menggunakan IP Camera. Ini tentu saja sangat mebantu dalam memonitor kondisi lalu lintas di jalan tol secara real time. Dengan demikian, segala sesuatu yang terjadi di jalan tol akan segera terdeteksi melalui layar monitor di pusat kendali, dan bisa di-share kepada pihak lain yang ingin memperolah informasi lalu lintas di jalan tol tersebut.

Tentu saja masih banyak lagi contoh pemanfaatan teknologi telematika selain tersebut di atas.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: